SILABUS PEMBELAJARAN
Nama :
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (al-Qur’an): 10. Menerapkan hukum
bacaan Mad dan Waqaf.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
10.1
Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf
|
Hukum bacaan
Mad dan Waqaf
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad
dan Waqaf.
|
2.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
3.
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad dan contoh-contohnya.
4.
Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan Washal.
5.
Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Waqaf dan contoh-contohnya.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Pilihan ganda
Uraian
Praktek
|
1.
Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
2.
Di antara bacaan di bawah ini yang termasuk Mac jail munfasil adalah:
a.
Hm
b.
Jl
c.
Hak
d.
Hak
3.
Jelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal!
4.
Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan
waqaf:
|
4 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
10.2
Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat
al-Qur’an.
|
|
2. Siswa
membaca dan menelaah ayat-ayat al-Qur’an dalam surat-surat pendek sehingga
dapat menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf.
|
1.
Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan Mac dalam Q.S. al-Fatihah dan
Q.S. al-Kafirun.
2.
Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam Q.S. al-Fatihah dan
Q.S. al-Ikhlash.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Jawaban
singkat
Praktek
|
1.
Tulislah beberapa contoh hukum bacaan Mad dalam Q.S. al-Fatihah!
2.
Bacalah ayat-ayat dalam Q.S. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan
waqaf!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
10.3
Mempraktekkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Qur’an.
|
|
3.
Siswa membaca ayat-ayat al-Qur’an terkait dengan hukum bacaan Mad dan
Waqaf.
|
1.
Mempraktekkan cara membaca bacaan Mad.
2.
Mempraktekkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
3.
Mempraktekkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat Q.S. al-Baqarah.
|
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Praktek
Praktek
Praktek
|
1.
Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan
Mad yang benar:
2.
Bacalah Q.S. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang diwaqafkan dan
yang diwashalkan!
3.
Bacalah beberapa ayat dalam Q.S. al-Baqarah dengan mempraktekkan hukum
bacaan Mad dan Waqaf yang ada!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
Karakter
siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya, Tekun, Tanggung jawab, Kecintaan,
Kemanusiaan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama :
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar kompetensi (Aqidah): 11. Meningkatkan keimanan
kepada Rasul Allah.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
11.1 Menjelaskan
pengertian beriman kepada Rasul Allah.
|
Iman kepada
Rasul Allah.
|
1.
Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang
benar tentang iman kepada Rasul Allah.
|
1.
Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
2.
Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
3.
Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
|
Uraian
Uraian
Jawaban
singkat
|
1.
Jelaskan pengertian nabi dan rasul dari segi bahasa dan istilah!
2.
Jelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah!
3.
Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
11.2
Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.
|
|
2.
Siswa melakukan identifikasi tentang nama-nama dan sifat-sifat Rasul dari
berbagai literatur.
|
1.
Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
2.
Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan rasul Allah.
3.
Menyebutkan para nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan
keistimewaannya.
|
Tes tulis
Tes tuli
Tes lisan.
|
Pilihan ganda
Isian
Jawaban
singkat
|
1.
Di antara nabi-nabi di bawah ini yang termasuk putra Nabi Ya’kub
adalah....
a.
Nabi Ismail
b.
Nabi Ibrahim
c.
Nabi Yusuf
d.
Nabi Musa
2.
Salah satu sifat nabi dan rasul yang berarti terpelihara dari dosa
adalah......
3.
Sebutkan tiga dari lima nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
11.3
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.
|
|
3. siswa
menampilkan contoh-contoh perilaku dalam rangka meneladani sifat-sifat
Rasulullah Saw.
|
1.
Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
2.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw dalam beribadah.
3.
Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw dalam bermuamalah.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw!
2.
Bagaimana cara kalian meneladani Rasulullah Saw dalam beribadah!
3.
Jelaskan beberapa aktivitas dalam bidang sosial ekonomi yang mencerminkan
keteladanan dari sifat-sifat Rasulullah Saw!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
|
Karakter
siswa yang di harapkan: dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab,
Kecintaan, Kemanusiaan.
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama :
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Akhlak): 12. Membiasakan perilaku terpuji.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
12.1
Menjelaskan adab makan dan minum.
|
Perilaku
terpuji (adab makan dan minum)
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas
dan benar tentang adab makan dan minum.
|
1.
Menjelaskan tata cara makan yang benar.
2.
Menjelaskan tata cara minum yang benar.
3.
Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.
|
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
|
Uraian
Uraian
pekerjaan rumah
|
1.
Jelaskan tata cara makan yang benar!
2.
Jelaskan tata cara minum yang benar!
3.
Carilah dalil naqli yang terkait dengan adab makan dan minum lalu
tulislah dalam buku kerja kalian!
|
1 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
12.2
Menampilkan contoh adab makan dan minum.
|
|
2.
Siswa mengamati orang-orang yang sedang makan di rumah makan lalu
menjelaskan-nya di depan kelas.
|
1.
Menunjukkan contoh cara makan yang dan yang salah.
2.
Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah.
|
Tes unjuk
kerja
Tes unjuk
kerja
|
Praktek
Praktek
|
1.
Peragakan cara makan yang benardan yang salah!
2.
Peragakan cara minum yang benar dan salah!
|
1 x 40 menit
|
LKS
PAI Erlangga
|
12.3
Menampilkan contoh adab makan dan minum.
|
|
3. siswa
diajak untuk mempraktekkan adab makan dan minum yang benar dalam kehidupan
sehari-hari bersama keluarganya.
|
1.
Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan keluarga.
2.
Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan sekolah.
3.
Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di
lingkungan masyarakat.
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
Pembiasaan
Pembiasaan
Pembiasaan
|
1.
Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang sesuai dengan
ketentuan yang diatur dalam ajaran Islam!
2.
Cobalah kalian selalu makan dan minum bersama-sama kalian di sekolah
sesuai dengan ketentuan Islam!
3.
Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang Islami di
tengah-tengah kehidupan masyarakat!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab,
Sopan dan santun
|
Mengetahui, Kota
Baru, ......................., 20
Kepala Sekolah................................ Guru
Mapel PAI,
(...........................................................) (............................................)
NIP: ............................................. NIP:
....................................
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Akhlak): 13. Menghindari perilaku
tercela.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
13.1
Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.
|
Perilaku
tercela (dendam dan munafik)
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas
dan benar tentang perilaku dendam dan munafik.
|
1.
Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
2.
Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
3.
Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.
4.
Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
Jawaban
singkat
Jawaban singkat
|
1.
Jelaskan pengertian dendam dan bahayanya!
2.
Jelaskan pengertian munafik dan bahayanya!
3.
Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan dendam!
4.
Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan munafik!
|
1 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
13.2 Menjelaskan
ciri-ciri pendendam dan munafik.
|
|
2.
Siswa berdiskusi untuk menemukan ciri-ciri pendendam dan munafik.
|
1.
Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
2.
Menjelaskan ciri-ciri munafik.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Jelaskan ciri-ciri pendendam yang mudah kalian amati!
2.
Jelaskan ciri-ciri munafik seperti tersebut dalam hadis Nabi!
|
1 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
13.3
Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.
|
|
3.
Siswa diajak untuk menghindari perilaku pendendam dan munafik di mana pun
berada.
|
1.
Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
2.
Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyakat.
|
Penugasan
Penugasan
Penugasan
|
Pembiasaan
Pembiasaan
Pembiasaan
|
1.
Berusahalah kalian menghindari perilaku pendendam dalam kehidupan kalian
sehari-hari di lingkungan keluarga!
2.
Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan
sekolah kalian!
3.
Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan
masyarakat!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab,
Sopan dan santun
|
Mengetahui, Kota
Baru, ..............................., 20
Kepala Sekolah..................... Guru
Mapel PAI,
(......................................................) (...................................................)
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama :
Kelas : VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Fiqih): 14. Memahami hukum Islam
tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
14.1
Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
|
Hewan yang
halal dan haram dimakan.
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang ketentuan hewan
yang halal dan haram dimakan.
|
1.
Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.
2.
Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
3.
Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
4.
Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan
haram dimakan.
|
Tes tulis
Tes tulis
Tes tuli
Tes lisan
|
Uraian
Jawaban singkat
Jawaban
singkat
Jawaban
singkat
|
1.
Jelaskan pengertian makanan yang haram dan halal!
2.
Sebutkan beberapa jenis hewan yang halal dimakan!
3.
Sebutkan beberapa jenis hewan yang haram dimakan!
4.
Tunjukkan salah satu dalil aqli tentang diharamkannya daging babi!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
14. 2
Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
|
|
2.
Siswa diajak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari
binatang yang diharamkan.
|
1.
Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam
lingkungan keluarga.
2.
Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar
lingkungan keluarga.
|
Penugasan
Penugasan
|
Pembiasaan
Pembiasaan
|
1.
Usahakan kalian selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari
hewan yang halal dan menjauhi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang
haram!
2.
Berhati-hatilah kalian dalam mengkonsumsi makanan di warung makan agar
terhindar dari makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab,
Sopan dan santun
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Kelas :
VIII
Mata Pelajaran : PAI
Semester : 2
Standar Kompetensi (Tarikh dan kebudayaan Islam): 15.
Memahami sejarah dakwah Islam.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
15.1
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa
Abbasiyah.
|
Sejarah pertumbuhan
ilmu pengetahuan dalam Islam
|
1.
Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur sejarah tentang pertumbuhan
ilmu pengetahuan Islam.
|
1.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi
Muhammad Saw.
2.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa
Khulafaur Rasyidin.
3.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani
Umayyah.
4.
Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani
Abbasiyah.
|
Tes tuli
Tes tulis
Portofolio
Portofolio
|
Uraian
Uraian
Karya tulis
Karya tulis
|
1.
Ceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada
masa Nabi Muhammad Saw!
2.
Tulislah uraian secara singkat tentang sejarah pertumbuhan ilmu
pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin!
3.
Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada
masa Bani Umayyah!
4.
Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada
masa Bani Abbasiyah!
|
6 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
15.2
Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan peranya sampai masa daulah abbasiyah.
|
|
2. siswa
mengidentifikasi para tokoh cendekiawan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah
dan peran-peranya.
|
1.
Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.
2.
Menyebutkan para ilmuwan Muslim pada masa Bani Abbasiyah.
|
Tes tulis
Tes tulis
|
Uraian
Uraian
|
1.
Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani
Umayyah!
2.
Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah!
|
2 x 40 menit
|
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
|
Karakter
siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab,
Sopan dan santun
|
Mengetahui, Kota
Baru, ......................., 20
Kepala Sekolah............ Guru
Mapel PAI,
( ) (
)
NIP. NIP.
Comments
Post a Comment