Skip to main content

SILABUS PEMBELAJARAN PAI KELAS VIII TAHUN 2014




SILABUS PEMBELAJARAN


Nama                   :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar Kompetensi (al-Qur’an): 10. Menerapkan hukum bacaan Mad dan Waqaf.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
10.1 Menjelaskan hukum bacaan Mad dan Waqaf
Hukum bacaan Mad dan Waqaf
1.   Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang hukum bacaan Mad dan Waqaf.
2.  Menjelaskan pengertian hukum bacaan Mad.
3.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Mad dan contoh-contohnya.
4.  Menjelaskan pengertian hukum bacaan Waqaf dan Washal.
5.  Menjelaskan macam-macam hukum bacaan Waqaf dan contoh-contohnya.
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Pilihan ganda
Uraian
Praktek

1.    Jelaskan pengertian hukum bacaan Mad!
2.    Di antara bacaan di bawah ini yang termasuk Mac jail munfasil adalah:
a.    Hm
b.    Jl
c.    Hak
d.   Hak
3.  Jelaskan pengertian hukum bacaan waqaf dan washal!
4.  Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan waqaf:
4 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
10.2 Menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Qur’an.

2. Siswa membaca dan menelaah ayat-ayat al-Qur’an dalam surat-surat pendek sehingga dapat menunjukkan contoh hukum bacaan Mad dan Waqaf.
1.  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan Mac dalam Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Kafirun.
2.  Menunjukkan beberapa contoh hukum bacaan waqaf dalam Q.S. al-Fatihah dan Q.S. al-Ikhlash.
Tes tulis
Tes tulis
Jawaban singkat
Praktek
1.   Tulislah beberapa contoh hukum bacaan Mad dalam Q.S. al-Fatihah!
2.   Bacalah ayat-ayat dalam Q.S. al-Ikhlash dengan menerapkan hukum bacaan waqaf!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
10.3 Mempraktekkan bacaan Mad dan Waqaf dalam bacaan surat-surat al-Qur’an.

3.  Siswa membaca ayat-ayat al-Qur’an terkait dengan hukum bacaan Mad dan Waqaf.
1.  Mempraktekkan cara membaca bacaan Mad.
2.  Mempraktekkan cara membaca bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan.
3.  Mempraktekkan bacaan Mad dan Waqaf dalam ayat-ayat Q.S. al-Baqarah.
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Praktek
Praktek
Praktek
1.    Bacalah potongan ayat-ayat di bawah ini dengan menerapkan hukum bacaan Mad yang benar:



2.   Bacalah Q.S. al-Fatihah dengan memerhatikan bacaan yang diwaqafkan dan yang diwashalkan!
3.   Bacalah beberapa ayat dalam Q.S. al-Baqarah dengan mempraktekkan hukum bacaan Mad dan Waqaf yang ada!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya, Tekun, Tanggung jawab, Kecintaan, Kemanusiaan.











SILABUS PEMBELAJARAN

Nama                   :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar kompetensi (Aqidah): 11. Meningkatkan keimanan kepada Rasul Allah.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
11.1 Menjelaskan pengertian beriman kepada Rasul Allah.
Iman kepada Rasul Allah.
1.  Siswa membaca dan menelaah berbagai literatur untuk menemukan konsep yang benar tentang iman kepada Rasul Allah.
1.   Menjelaskan pengertian nabi dan rasul.
2.   Menjelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah.
3.   Menyebutkan dalil naqli dan aqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah.
Tes tulis
Tes tulis
Tes lisan
Uraian
Uraian
Jawaban singkat
1.   Jelaskan pengertian nabi dan rasul dari segi bahasa dan istilah!
2.   Jelaskan pengertian iman kepada Rasul Allah!
3.   Sebutkan salah satu dalil naqli terkait dengan iman kepada Rasul Allah!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
11.2 Menyebutkan nama dan sifat-sifat Rasul Allah.

2.    Siswa melakukan identifikasi tentang nama-nama dan sifat-sifat Rasul dari berbagai literatur.
1.   Menyebutkan nama-nama Nabi dan Rasul Allah.
2.   Menyebutkan sifat-sifat Nabi dan rasul Allah.
3.   Menyebutkan para nabi yang termasuk Ulul Azmi dan menjelaskan keistimewaannya.
Tes tulis
Tes tuli
Tes lisan.
Pilihan ganda
Isian
Jawaban singkat
1.    Di antara nabi-nabi di bawah ini yang termasuk putra Nabi Ya’kub adalah....
a.  Nabi Ismail
b.  Nabi Ibrahim
c.  Nabi Yusuf
d. Nabi Musa
2.   Salah satu sifat nabi dan rasul yang berarti terpelihara dari dosa adalah......
3.   Sebutkan tiga dari lima nabi yang mendapatkan gelar Ulul Azmi!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.

11.3 Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.

3. siswa menampilkan contoh-contoh perilaku dalam rangka meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw.
1.    Menjelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw.
2.    Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw dalam beribadah.
3.    Meneladani sifat-sifat Rasulullah Saw dalam bermuamalah.
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Uraian
Uraian
1.    Jelaskan keistimewaan sifat-sifat Rasulullah Saw!
2.    Bagaimana cara kalian meneladani Rasulullah Saw dalam beribadah!
3.    Jelaskan beberapa aktivitas dalam bidang sosial ekonomi yang mencerminkan keteladanan dari sifat-sifat Rasulullah Saw!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Tajwid.
Karakter siswa yang di harapkan: dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab, Kecintaan, Kemanusiaan.











SILABUS PEMBELAJARAN

Nama                   :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar Kompetensi (Akhlak): 12. Membiasakan perilaku terpuji.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
12.1 Menjelaskan adab makan dan minum.
Perilaku terpuji (adab makan dan minum)
1.  Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang adab makan dan minum.
1.   Menjelaskan tata cara makan yang benar.
2.   Menjelaskan tata cara minum yang benar.
3.   Menunjukkan dalil naqli tentang adab makan dan minum.
Tes tulis
Tes tulis
Penugasan
Uraian
Uraian pekerjaan rumah
1.   Jelaskan tata cara makan yang benar!
2.   Jelaskan tata cara minum yang benar!
3.   Carilah dalil naqli yang terkait dengan adab makan dan minum lalu tulislah dalam buku kerja kalian!
1 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga

12.2 Menampilkan contoh adab makan dan minum.

2.   Siswa mengamati orang-orang yang sedang makan di rumah makan lalu menjelaskan-nya di depan kelas.
1.     Menunjukkan contoh cara makan yang dan yang salah.
2.     Menunjukkan contoh cara minum yang benar dan yang salah.
Tes unjuk kerja
Tes unjuk kerja
Praktek
Praktek
1.        Peragakan cara makan yang benardan yang salah!
2.        Peragakan cara minum yang benar dan salah!
1 x 40 menit
LKS
PAI Erlangga
12.3 Menampilkan contoh adab makan dan minum.

3. siswa diajak untuk mempraktekkan adab makan dan minum yang benar dalam kehidupan sehari-hari bersama keluarganya.
1.      Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan keluarga.
2.      Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan sekolah.
3.      Mempraktekkan adab makan dan minum dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan masyarakat.
Penugasan
Penugasan
Penugasan
Pembiasaan
Pembiasaan
Pembiasaan
1.          Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang sesuai dengan ketentuan yang diatur dalam ajaran Islam!
2.          Cobalah kalian selalu makan dan minum bersama-sama kalian di sekolah sesuai dengan ketentuan Islam!
3.          Cobalah kalian selalu makan dan minum dengan cara yang Islami di tengah-tengah kehidupan masyarakat!

2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab, Sopan dan santun


Mengetahui,                                                                                                                                                    Kota Baru, ......................., 20
Kepala Sekolah................................                                                                                                               Guru Mapel PAI,



(...........................................................)                                                                                                                           (............................................)
NIP: .............................................                                                                                                                  NIP: ....................................


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar Kompetensi (Akhlak): 13. Menghindari perilaku tercela.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
13.1 Menjelaskan pengertian perilaku dendam dan munafik.
Perilaku tercela (dendam dan munafik)
1.      Siswa membaca dan mengkaji literatur untuk menemukan konsep yang jelas dan benar tentang perilaku dendam dan munafik.
1.      Menjelaskan pengertian dendam dan bahayanya.
2.      Menjelaskan pengertian munafik dan bahayanya.
3.      Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan dendam.
4.      Menunjukkan dalil naqli yang terkait dengan munafik.
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Uraian
Jawaban singkat
Jawaban singkat
1.    Jelaskan pengertian dendam dan bahayanya!
2.    Jelaskan pengertian munafik dan bahayanya!
3.    Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan dendam!
4.    Tulislah salah satu dalil naqli terkait dengan munafik!
1 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
13.2 Menjelaskan ciri-ciri pendendam dan munafik.

2.   Siswa berdiskusi untuk menemukan ciri-ciri pendendam dan munafik.
1.   Menjelaskan ciri-ciri pendendam.
2.   Menjelaskan ciri-ciri munafik.
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Uraian

1.      Jelaskan ciri-ciri pendendam yang mudah kalian amati!
2.      Jelaskan ciri-ciri munafik seperti tersebut dalam hadis Nabi!
1 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
13.3 Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam kehidupan sehari-hari.

3.      Siswa diajak untuk menghindari perilaku pendendam dan munafik di mana pun berada.
1.      Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan keluarga.
2.      Menghindari perilaku pendendam dan munafik dalam lingkungan masyakat.
Penugasan
Penugasan
Penugasan 

Pembiasaan
Pembiasaan
Pembiasaan

1.      Berusahalah kalian menghindari perilaku pendendam dalam kehidupan kalian sehari-hari di lingkungan  keluarga!
2.      Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan sekolah kalian!
3.      Usahakan kalian menghindari perilaku pendendam dan munafik di lingkungan masyarakat!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab, Sopan dan santun


Mengetahui,                                                                                                                                                    Kota Baru, ..............................., 20
Kepala Sekolah.....................                                                                                                              Guru Mapel PAI,




(......................................................)                                                                                                                    (...................................................)
NIP.                                                                                                                                                    NIP.







SILABUS PEMBELAJARAN

Nama                   :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar Kompetensi (Fiqih): 14. Memahami hukum Islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
14.1 Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dan haram dimakan.
Hewan yang halal dan haram dimakan.
1.  Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur tentang ketentuan hewan yang halal dan haram dimakan.
1.  Menjelaskan pengertian makanan halal dan haram.
2.  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang halal dimakan.
3.  Menjelaskan jenis-jenis hewan yang haram dimakan.
4.  Menunjukkan dalil naqli dan aqli yang terkait dengan hewan yang halal dan haram dimakan.
Tes tulis
Tes tulis
Tes tuli
Tes lisan
Uraian
Jawaban singkat
Jawaban singkat
Jawaban singkat
1.    Jelaskan pengertian makanan yang haram dan halal!
2.    Sebutkan beberapa jenis hewan yang halal dimakan!
3.    Sebutkan beberapa jenis hewan yang haram dimakan!
4.    Tunjukkan salah satu dalil aqli tentang diharamkannya daging babi!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
14. 2 Menghindari makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.

2.   Siswa diajak untuk tidak mengkonsumsi makanan yang bersumber dari binatang yang diharamkan.
1.     Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan dalam lingkungan keluarga.
2.     Menjauhi makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan di luar lingkungan keluarga.
Penugasan
Penugasan
Pembiasaan
Pembiasaan
1.      Usahakan kalian selalu mengkonsumsi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang halal dan menjauhi makanan-makanan yang berasal dari hewan yang haram!
2.      Berhati-hatilah kalian dalam mengkonsumsi makanan di warung makan agar terhindar dari makanan yang berasal dari hewan yang haram dimakan!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab, Sopan dan santun
SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah     :   
Kelas                   :    VIII
Mata Pelajaran     :    PAI
Semester              :    2
Standar Kompetensi (Tarikh dan kebudayaan Islam): 15. Memahami sejarah dakwah Islam.

Kompetensi Dasar
Materi Pokok
Kegiatan Pembelajaran
Indikator
Penilaian
Waktu
Sumber Belajar
Teknik
Bentuk
Contoh Instrumen
15.1 Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam sampai masa Abbasiyah.
Sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan dalam Islam
1.  Siswa membaca dan mengkaji berbagai literatur sejarah tentang pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam.
1.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw.
2.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin.
3.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah.
4.  Menceritakan sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah.
Tes tuli
Tes tulis
Portofolio
Portofolio
Uraian
Uraian
Karya tulis
Karya tulis
1.    Ceritakan secara singkat sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Nabi Muhammad Saw!
2.    Tulislah uraian secara singkat tentang sejarah pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Khulafaur Rasyidin!
3.    Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Umayyah!
4.    Buatlah karya tulis yang berisi pertumbuhan ilmu pengetahuan Islam pada masa Bani Abbasiyah!
6 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
15.2 Menyebutkan tokoh ilmuwan Muslim dan peranya sampai masa daulah abbasiyah.

2. siswa mengidentifikasi para tokoh cendekiawan Muslim pada masa Dinasti Abbasiyah dan peran-peranya.
1.      Menyebutkan para ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah.
2.      Menyebutkan para ilmuwan Muslim pada masa Bani Abbasiyah.
Tes tulis
Tes tulis
Uraian
Uraian

1.     Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Umayyah!
2.     Sebutkan beberapa tokoh ilmuwan Muslim dan peran mereka pada masa Bani Abbasiyah!
2 x 40 menit
Al-Qur’an
LKS
PAI Erlangga
Karakter siswa yang diharapkan: Dapat dipercaya, Rasa hormat, Tekun, Tanggung jawab, Sopan dan santun


Mengetahui,                                                                                                                                                    Kota Baru, ......................., 20
Kepala Sekolah............                                                                                                                                   Guru Mapel PAI,


(                                               )                                                                                                                       (                                                    )

NIP.                                                                                                                                                                NIP. 

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Positivisme

Pengertian Positivisme Pengertian Positivisme secara etimologi berasal dari kata positive, yang dalam bahasa filsafat bermakna sebagai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi, yang dapat dialami sebagai suatu realita. Ini berarti, apa yang disebut sebagai positif bertentangan dengan apa yang hanya ada di dalam angan-angan (impian), atau terdiri dari apa yang hanya merupakan konstruksi atas kreasi kemampuan untuk berpikir dari akal manusia. Dapat disimpulkan pengertian positivisme secara terminologis berarti merupakan suatu paham yang dalam ‘pencapaian kebenaran’-nya bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. Segala hal diluar itu, sama sekali tidak dikaji dalam positivisme. Tokoh aliran ini adalah August Comte (1798-1857). Pada dasarnya positivisme bukanlah suatu aliran yang khas berdiri sendiri. Ia hanya menyempurnakan empirisme dan rasionalisme. Dengan kata lain, ia menyempurnakan metode ilmiah (scientific method) dengan memasukkan perlunya ekspe

MAKALAH TENTANG PUASA

BAB I PENDAHULUAN A.     Latarbelakang Seperti yang kita ketahui agama islam mempunyai lima rukun islam yang salah satunya ialah puasa, yang mana puasa termasuk rukun islam yang keempat. Karena puasa itu termasuk rukun islam jadi, semua umat islam wajib melaksanakannya namun pada kenyataannya banyak umat islam yang tidak melaksanakannya, karena apa? Itu semua karena mereka tidak mengetahui manfaat dan hikmah puasa. Bahkan, umat muslim juga masih banyak yang tidak mengetahui pengertian puasa, dan bagaimana menjalankan puasa dengan baik dan benar. Banyak orang-orang yang melaksanakan puasa hanya sekedar melaksanakan, tanpa mengetahui syarat sahnya puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa. Hasilnya, pada saat mereka berpuasa mereka hanyalah mendapatkan rasa lapar saja. Sangatlah rugi bagi kita jika sudah berpuasa tetapi tidak mendapatkan pahala. Oleh karena itu dalam makalah ini saya akan membahas tentang apa itu puasa, tujuan, hikmah puasa dan lain-lain. B.     

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII 1. GRAY CODING ·          Gambaran umum Gray Code? Gray code merupakan cerminan dari binary code (kode biner), yang artinya angka terkhir pada string dapat sama dengan angka awal.tetap dalam urutan terbalik,sehingga dapat memungkinkan untuk membangun dan meningkatkan kegunaan dari kode biner standar atau natural. FRANK GRAY ,peneliti Bell labs,dimana nama belakangnya digunakan (Grey Code) ,mengembangkan sistem bilangan biner ini untuk membantu mengontrol electromechanical switch. Saat ini, Grey code digunakan untuk berbagai macam Environment, terutama pada komunikasi digital dimana sinyal analog perlu diubah menjadi media digital. ·          Apa itu Gray Code? Gray code merupakan bentuk biner yang menggunakan metode yang berbeda dari incrementing dari nomor satu ke berikutnya. Dengan gray code, hanya terdapat satu perubahan keadaan dari satu posisi ke posisi lainnya. Fitur ini memungkinkan perancang sistem untuk melakukan beberapa