Skip to main content

Perbedaan Teknologi DIGITAL Dan ANALOG

Perbedaan Teknologi DIGITAL Dan ANALOG















     Tugas                                                                                                                                                                                                 Dosen
         Sistem Digital                                                                                     Sutoyo, ST. MT

PERBEDAAN TEKNOLOGI ANALOG MENJADI DIGITAL
( COMPACT CASSETTE & I POD )




                                                                                             
Di Susun Oleh
Ahmad Rizki Ramadhan
Dian Ayu Hidayatullah
Dwi Defrianto Arizal
M. Ilham Maulana
Suprapto

JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAIN DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI
SULTAN SYARIF KASIM
RIAU
2013

A.    Pengertian Analog
Analog adalah sinyal data dalam gelombang yang continue, yang membawa informasi dengan mengubah karakteristik gelombang. Dua parameter/ karakteristik terpenting yang di miliki isyarat adalah amplitude dan frekuensi. Gelombang pada sinyal analog yang umumnya berbentuk gelombang sinus memiliki tiga variable dasar yaitu amplitude dan phase.
·         Amplitude
Amplitude merupakan ukuran tinggi rendahnya tegangan sinyal analog.
·         Frekuensi
Frekuensi merupakan gelombang sinyal analog dalam satuan detik.
·         Phase
Phase merupakan besar sudut dari sinyal analog pada saat tertentu.

Analog di perluaskan melalui gelombang eloktromagnetik  ( gelombang radio ) secara terus-menerus, yang banyak di pengaruhi oleh faktor “ Pengganggu “. Sama halnya juga dengan pita kase. Analog merupakan bentuk komunikasi elektromagnetik yang merupakan proses pengiriman sinyal pada gelombang elektromagnetik yang merupakan variabel yang berurutan. Jadi system analog merupakan suatu bentuk komunikasi elektromagnetik yang menggantungkan proses pengiriman sinyalnya pada gelombang elektromagnetik.
Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telfon, maka suara yang di kirim melalui jaringan telfon tersebut di lewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini di terima, bentuk suara, sehingga si penerima dapat di dengar apa yang di sampaikan oleh pembicara dari komunikasi tersebut.
Sinyal analog merupakan gelombang eloktromagnetik, proses pengiriman suara, misalnya pada teknologi telfon, di pancarkan gelombang elektromaknetik ini yang bersifat variabel dan berkelanjutan.
Pelayanan menggunakan sinyal ini agak lambat dan gampang eror, sama halnya dengan compact cassette. Compact Cassette, yang biasa disebut kaset, pita kaset, adalah media penyimpan data yang umumnya berupa lagu.  Jika meng-copy (menyalin) atau merekam pita kaset, tentu hasilnya banyak ditentukan oleh alat permnya, kebersihan ”head” rekam nya, dan sebagainya, semakin banyak merekam ke tempat lain, kualitas suaranya akan berubah.
Kelemahan dari sinyal ini adalah tidak bisa mengukur suatu dengan cukup teliti. Karna hal ini di sebabkan kemampuan mereka untuk secara konsisten terus-menerus merekam perubahanyang terus-menerus terjadi, kesalahan kecil akibat dari kesalahan menghitung akan berdampak besar dalam hasil akhir.
Sedangkan kelemahan dari compact cassette adalah jika merekam compact cassette terus menerus, maka hasilnya kan berubah tidak sama halnya dengan yang asli. Dan cara kerja dari pita kaset ini menggunakan walkman. compact cassette terdiri dari kumparan-kumparan kecil. Kumparan-kumparan dan bagian-bagian lainnya ini terbungkus dalam bungkus plastik berbentuk kotak kecil berbentuk persegi panjang. Di dalamnya terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnet. Pita ini akan berputar dan menggulung ketika kaset dimainkan atau merekam.
 Fungsi dari walkman sendiri pada saat itu fasilitasnya hanya bisa digunakan untuk memutar radio dan kaset ( pita kaset ).Walkman adalah pemutar audio kaset sebagai pemutar audio dan video portabel. Walkman mengubah kebiasaan mendengarkan musik, sehingga seseorang dapat mendengarkan musik dimana saja. Walkman ini termasuk analog, karna pemprosesannya sama dengan dengan jam yang berputar untuk menjalankan pita kaset yang akan menjadi suara yang berbentuk analog.

B.     Pengertian Digital
Sistem digital adalah sinyal data dalam bentuk pulsa yang dapat mengalami perubahan yang tiba-tiba dan mempunyai besaran 0 dan 1. Sinyal digital hanya memiliki dua keadaan, yaitu 0 dan 1, sehingga tidak mudah terpengaruh oleh derau, tetapi transmisi dengan sinyal digital hanya mencapai jarak jangkau pengiriman data yang relatif dekat. Biasanya sinyal ini juga di kenal dengan sinyal diskret. Sinyal yang mempunyai dua keadaan ini biasa disebut dengan bit. Bit merupakan istilah khas pada sinyal digital. Sebuah bit dapat berupa nol (0) atau satu (1). Kemungkinan nilai untuk sebuah bit adalah 2 buah (21). Kemungkinan nilai untuk 2 bit adalah sebanyak 4 (22), berupa 00, 01, 10, dan 11. Secara umum, jumlah kemungkinan nilai yang terbentuk oleh kombinasi n bit adalah sebesar 2n buah.
Teknologi digital memiliki beberapa keistimewaan unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog, yaitu :
·         Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang mengakibatkan informasi dapat di kirim dengan kecepatan tinggi.
·         Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
·         Informasi dapat dengan mudah di proses dan di modifikasi ke dalam berbagai bentuk.
·         Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimkannya secara interaktif.
·           Perpindahan informasi yang lebih banyak;
·           Tingkat kesalah yang lebih rendah dibandingkan system analog
·           Peningkatan ekonomi.

Kelebihan informasi digital adalah kompresi dan kemudahan untuk ditransfer ke media elektronik lain. Kelebihan ini di manfaatkan secara optimal oleh teknologi internet, misalnya dengna menaruhnya ke suatu website atau umumnya disbut dengan meng-upload. Cara seperti ini disebut online di dunia cyber.
 iPod classic menyimpan datanya di dalam sebuah hard drive, sementara model lainnya menggunakan flash memory. Tidak samahalnya dengan compact cassette yang menyimpan data menggunakan pita kaset, jika terus-menerus mengcopy maka hasilnya akan berubah dan tidak sama den rekaman kaset pertama.  iPod bisa di gunakan sebagai hard drive eksternal bila disambungkan ke sebuah komputer.
Kelebihan Ipod adalah alat pemutar musik yang sudah mengalami perubahan menjadi lebih canggih dan lebih banyak fitur-fitur yang bisa anda nikmati. Manfaat dari Ipod sendiri yaitu lebih nyaman dalam mengangarkan musik-musik yang di sukai, I pod sendiri juga mempunyai kapasitas memori yang cukup besar untuk menyimpan musik yang banyak. Dan tidak hanya itu, alat ini juga menyediakan fitur-fitur lain seperti bisa menyimpan dan menonton video dan gambar, jadi alat ini lebih instan dan tidak ribet seperti compact cassette .

C.    Perbedaan Compact Cassette Dan I Pod
Perbedaan Compact Cassette dan I Pod telag di bagi atas beberapa perbedaan yang mana setiap defenisi perbedaan itu berbeda-beda, yaitu :
No
Compact Casset
I Pod
1
Teknologi lama
Teknologi baru
2
Di rancang voice
Di rancang untuk voice dan opsi-opsi pengujian lebih lengkap
3
Tidak efesien untuk data
Informasi discreat level
4
Permasalahan noisy dan gampang eror
Kecepatan lebih tinggi
5
Kecepatan lebih rendah
Over head rendah
6
Kapasitas penyimpanan lebih rendah
Lebih simple
7
Overhead tinggi
Kapasitas pennyimpanan lebih tinggi

1.      Perbedaan Compact Cassette Dan I Pod  Menurut Karakteristik.
Karakteristik I Pod adalah bahwa ia bersifat diskrit, sedangkan system Compact Cassette bersifat continue sehingga pengukuran yang di dapat anolg itu kurang bagus. Keuntungan yang lain yang di miliki oleh I Pod. Masing – masing system tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan sendiri tergantung dari untuk kasus apa system tersebut digunakan.
Beberapa keunggulan dari I Pod ( digital ) adalah :              
·         Teknologi I Pod menawarkan biaya lebih rendah, keandalan (reability) lebih baik, pemakaian ruangan yang lebih kecil dan konsumsi daya yang lebih rendah
·         Teknologi I Pod membuat kualitas komunikasi tidak tergantung pada jarak
·         Jaringan I Pod ideal untuk komunikasi data yang semakin berkembang
·         I Pod menggunakan fitur-fitur yang banyak dan menarik
·         I Pod lebih instan dan tidak ribet dll.
2.      Perbedaan menurut cara kerja
Ipod merupakan alat pemutar musik yang sudah mengalami perubahan menjadi lebih canggih dan lebih banyak fitur-fitur yang dapat nikmati. I pod lebih mudah di gunakan oleh semua orang, karna I Pod lebih menarik, tidak ribet. Cara penggunaan I Pod sendiri menggukan aplikasi yang telah di kembangkan untuk mengoperasikan I Pod dan mempermudah dalam mendengarkan music, menonton vidio,  gambar dan penyimpanannya menggunakan memory yang berbentuk file.
Compact Cassette merupakan simtem analog yang termasuk teknologi lama. Compact Casset ini di gunakan menyimpan data yang berupa voice. Cara penggunaan Compact Casset menggunakan walkman, yaitu teknologi analog pada alat pemutar musik. Fungsi dari walkman sendiri digunakan untuk memutar radio dan kaset, dan dapat di gunakan di mana saja. Di dalam Compact Cassette terdapat sepasang roda putaran untuk pita magnet. Pita ini akan berputar dan menggulung menggunakn walkman,  ketika kaset dimainkan atau merekam. Ketika pita bergerak ke salah satu arah dan yang lainnya bergerak ke arah yang lain. Hal ini membuat kaset dapat dimainkan atau merekam di kedua sisinya. Contohnya, side A dan side B.

3.      Mengapa Compact Cassette sulit dari pada I Pod ?
·         I Pod hanya mempertimbangkan speed.
·         Compact Cassette mudah rusak dan eror, dan kecepatan
·         I Pod lebih simple dan menarik
·         I Pod memiliki data penyimpanan yang besar, dan mudah di produksi
·         Compact Cassette tidak memiliki data penyimpanan yang besar, dan ribet dalam penggunaannya dan juga produksi analog.
D.    Penutup
                   I.            Kesimpulan
Compact Cassette sudah berkuarang dalam penggunaannya, sekarang kebanyakan orang lebih memilih sistem digital, karna penggunaanya lebih simple dan menarik seperti I Pod. Kedua media ini di gunakan  oleh seseorang baik dalam dunia teknologi maupun social.
Keuntungan kedua dari system komunikasi I Pod adalah bahwa kita berhubungan dengan nilai-nilai, bukan dengan bentuk gelombang. Nilai-nilai bisa di manipulasi dengan rangkaian-rangkaian logika, atau jika perlu, dengan mikro prosesor. Operasi-operasi matematika yang rumit bias secara mudah di tampilkan untuk mendapat fungsi-fungsi pemrosesan sinyal atau keamanan dalam tranmisi sinyal. Keuntungan ketiga berhubungan dengan range dinamis.

                II.            Saran
Menurut penulis system I Pod adalah system yang sangat modern, mudah dimengerti, dan tidak gampang rusak, dan banyak keuntungan yang dapat di ambil dari I Pod. Sedangkan Compact Cassette adalah system yang klasik dan mudah rusak maka system ini tidak dapat bekerja secara normal. Jika kedua system digabungkan maka system ini memiliki kekuatan yang luar bias, karena apa yang kita gunakan seperti Hp, Tv dan jaringan internet masih menggunakan system analog dan digital, di balik keklasikan system analog terdapat hal yang modern yaitu system digital.





















SUMBER INTERNET

Pandawa900.blogspot.com//2011/03/perbedaan-sistem-dijital-dan-sistem.html?m=1













Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Positivisme

Pengertian Positivisme Pengertian Positivisme secara etimologi berasal dari kata positive, yang dalam bahasa filsafat bermakna sebagai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi, yang dapat dialami sebagai suatu realita. Ini berarti, apa yang disebut sebagai positif bertentangan dengan apa yang hanya ada di dalam angan-angan (impian), atau terdiri dari apa yang hanya merupakan konstruksi atas kreasi kemampuan untuk berpikir dari akal manusia. Dapat disimpulkan pengertian positivisme secara terminologis berarti merupakan suatu paham yang dalam ‘pencapaian kebenaran’-nya bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. Segala hal diluar itu, sama sekali tidak dikaji dalam positivisme. Tokoh aliran ini adalah August Comte (1798-1857). Pada dasarnya positivisme bukanlah suatu aliran yang khas berdiri sendiri. Ia hanya menyempurnakan empirisme dan rasionalisme. Dengan kata lain, ia menyempurnakan metode ilmiah (scientific method) dengan memasukkan perlunya ekspe

MAKALAH TENTANG PUASA

BAB I PENDAHULUAN A.     Latarbelakang Seperti yang kita ketahui agama islam mempunyai lima rukun islam yang salah satunya ialah puasa, yang mana puasa termasuk rukun islam yang keempat. Karena puasa itu termasuk rukun islam jadi, semua umat islam wajib melaksanakannya namun pada kenyataannya banyak umat islam yang tidak melaksanakannya, karena apa? Itu semua karena mereka tidak mengetahui manfaat dan hikmah puasa. Bahkan, umat muslim juga masih banyak yang tidak mengetahui pengertian puasa, dan bagaimana menjalankan puasa dengan baik dan benar. Banyak orang-orang yang melaksanakan puasa hanya sekedar melaksanakan, tanpa mengetahui syarat sahnya puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa. Hasilnya, pada saat mereka berpuasa mereka hanyalah mendapatkan rasa lapar saja. Sangatlah rugi bagi kita jika sudah berpuasa tetapi tidak mendapatkan pahala. Oleh karena itu dalam makalah ini saya akan membahas tentang apa itu puasa, tujuan, hikmah puasa dan lain-lain. B.     

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII 1. GRAY CODING ·          Gambaran umum Gray Code? Gray code merupakan cerminan dari binary code (kode biner), yang artinya angka terkhir pada string dapat sama dengan angka awal.tetap dalam urutan terbalik,sehingga dapat memungkinkan untuk membangun dan meningkatkan kegunaan dari kode biner standar atau natural. FRANK GRAY ,peneliti Bell labs,dimana nama belakangnya digunakan (Grey Code) ,mengembangkan sistem bilangan biner ini untuk membantu mengontrol electromechanical switch. Saat ini, Grey code digunakan untuk berbagai macam Environment, terutama pada komunikasi digital dimana sinyal analog perlu diubah menjadi media digital. ·          Apa itu Gray Code? Gray code merupakan bentuk biner yang menggunakan metode yang berbeda dari incrementing dari nomor satu ke berikutnya. Dengan gray code, hanya terdapat satu perubahan keadaan dari satu posisi ke posisi lainnya. Fitur ini memungkinkan perancang sistem untuk melakukan beberapa