Skip to main content

Jurusan-Jurusan yang Paling Diminati

   

Jurusan-Jurusan yang Paling Diminati

Buat Para Adik-adik SMA yang tepat tanggal 14 akan melaksanakan ujian nasional. rasanya lega bisa menyelesaikan SMA dengan baik... tapi tunggu, perjuangan kalian baru saja dimulai. tentunya memilih langkah selanjutnya adalah kuliah ataupun bekerja. saya harap semuanya dapat melanjutkan ke perguruan tinggi.

    Nah, sekarang masalahnya adalah kalian bingung menentukan jurusan apa yang akan di masuki. semua itu sih bergantung pada minat dan bakat masing-masing adik. namun dari segi prospek kerja dan jurusan yang paling diminati. ada beberapa pilihan yang bisa dijadikan pertimbangan. berikut adalah peringkat jurusan yang diminati oleh calon-calon mahasiswa dari tahun ke tahun berdasarkan sumber resmi.


1. PENDIDIKAN DOKTER / Kedokteran UMUM 
Peringkat pertama terfavorit adalah jurusan Pendidikan dokter. Hal ini terjadi karena bidang ini terbilang cukup stabil dan permintaan untuk tenaga medis cukup banyak di Indonesia. Bagi yang ingin memilih jurusan kuliah ini tentu harus mempersiapkan diri dengan baik karena persaingannya sangat ketat.

Berikut Profil Jurusan di Bidang IPA terpopuler mencangkup: Pendidikan dokterKedokteran Gigi dan Kesehatan Masyarakat.

Daftar Universitas yang terdapat jurusan pendidikan dokter adalah : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNILA ,UI ,UIN Jakarta, UNPAD, UNTAN, UNIB, UNJA, UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UNAIR, UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA UNLAM, UNMUL, UNHAS,UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNCEN

2. Ilmu Komputer / TEKNIK INFORMATIKA 
Yang membuat jurusan kuliah ini menjadi pilihan, lulusan dari jurusan komputer berkesempatan memperoleh pekerjaan dengan bayaran yang tinggi, dimanapun itu baik didalam Negeri maupun luar Negeri.

Teknik informatika adalah kumpulan disiplin yang mengolah fakta simbolik dengan menggunakan hardware (komputer), software (perangkat lunak) dan brainware (pemakai). Kelompok bidang keahlian teknik informatika adalah rekayasa perangkat lunak dan sistem informasi, grafik dan intelegensia buatan, sistem jaringan komputer terdistribusi, kontrol robotika dan komputer. Selengkapnya pada Profil Jurusan Ilmu Komputer dan Profil Jurusan Teknik Informatika.

Daftar Universitas yang terdapat jurusan Ilmu Komputer atau Teknik Informatika adalah UNSOED, UNDIP, UNS, UGM, UIN Yogya, ITS, UNIJOYO, UB, UIN Malang, UNUD, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UIN Makasar, UNHALU , UIN Suska Riau.

3. Teknik Pertambangan Perminyakan / FTTM 
Sesuai dengan namanya Program Studi (prodi) Teknik Pertambangan akan mempelajari berbagai macam hal yang berhubungan dengan proses penambangan terutama mineral berharga dan batubara seperti ada pada artikel kami Profil Jurusan Teknik Pertambangan dan Profil Jurusan Teknik Perminyakan. 

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Pertambangan / FTTM adalah : UNP, UNSRI, ITB, UNDANA, UNPAR, UNLAM, UNMUL, UNHAS, UNCEN

4. Teknik Sipil 
Proyek-proyek pemerintah dan swasta yang sekarang semakin menjamur, juga semakin banyaknya pihak yang ingin membangun infrastruktur berbasis Eco-living membuat para lulusan teknik sipil dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan kontraktor.

Teknik Sipil mempelajari perencanaan lengkap konstruksi bangunan, jembatan, gedung, jalan dan sebagainya. Selain itu sarjana teknik sipil juga diajarkan pelaksanaan pengawasan dan pengelolaan bangunan. Belajar di Prodi ini akan akan kental dengan pelajaran fisika, terutama fisika keseimbangan dan mekanika selain matematika dan statistik, selengkapnya dapat dibaca pada Profil Jurusan Teknik Sipil. 

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Sipil : UNSIAS, UNIMAL, USU, UNAND, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTAN, UNTIRTA, UI, IPB, UPI, IPB, ITB, UNSUD, UNDIP, UNS, UGM, ITS, UB, UNEJ, UNUD,UNRAM, UNDANA, UNPAR, UNLAM,UNESA, UBT, UNHAS.

5. Teknik Mesin 
Jurusan yang satu ini juga tak kalah banyak dilirik oleh anak-anak yang baru saja lulus SMA karena menawarkan pekerjaan dengan gaji yang cukup tinggi. Meski persaingan untuk masuk ke jurusan ini terbilang sulit, tapi minat untuk masuk jurusan kuliah ini tetap saja tinggi. Untuk itu, bagi yang berminat bisa menyiapkan diri saat ini.

Program studi ini mempelajari konstruksi dan perancangan kerangka mesin, komponen, dsb seperti pada Profil Jurusan Teknik Mesin. 

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Mesin : UNSYIAH, UNIMAL, USU, UNAN, UNRI, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTIRTA, UI, ITB, IPB, UBB, UNDIP, UNS, UGM, ITS UB, UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UNLAM, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT UNPATI, UNKHAIR, UNCEN

6. Teknik Elektro / STEI 
Untuk bidang jurusan teknik, jurusan teknik elektro menjadi jurusan kedua yang paling banyak diminati setelah jurusan teknik mesin. Jurusan ini terbilang unik karena menawarkan lahan kerja yang sangat disukai anak-anak masa kini yang senang dengan teknologi atau gadget. Tidak heran jurusan ini mampu masuk dalam daftar 10 besar jurusan kuliah yang paling diminati. Profil jurusan ini lebih lengkap ada di Profil Jurusan Teknik Elektro.

Daftar Universitas/ Institut yang terdapat jurusan Teknik Elektro : UNSIYAH, UNIMAL, USU, UNP, UNAN, UNRI, UINRiau, UNSRI, UNIB, UNILA, UNTAN, UNTIRTA, UI, ITB, UIN Bdg, UBB, UNSUD, UNDIP, UGM, ITS UB UNEJ, UNUD, UNRAM, UNDANA, UBT, UNHAS, UNTAD, UNHALU, UNSRAT, UNG, UNKHAIR, UNCEN.


Selengkapnya silahkan kunjungi: JURUSAN IPA PALING DIMINATI DI SMBPTN | PROFIL JURUSAN PERGURUAN TINGGI http://www.bimbelmedica.com/2014/02/jurusan-ipa-paling-diminati-di-smbptn.html#ixzz2yjdlfA2O

Comments

Popular posts from this blog

Pengertian Positivisme

Pengertian Positivisme Pengertian Positivisme secara etimologi berasal dari kata positive, yang dalam bahasa filsafat bermakna sebagai suatu peristiwa yang benar-benar terjadi, yang dapat dialami sebagai suatu realita. Ini berarti, apa yang disebut sebagai positif bertentangan dengan apa yang hanya ada di dalam angan-angan (impian), atau terdiri dari apa yang hanya merupakan konstruksi atas kreasi kemampuan untuk berpikir dari akal manusia. Dapat disimpulkan pengertian positivisme secara terminologis berarti merupakan suatu paham yang dalam ‘pencapaian kebenaran’-nya bersumber dan berpangkal pada kejadian yang benar-benar terjadi. Segala hal diluar itu, sama sekali tidak dikaji dalam positivisme. Tokoh aliran ini adalah August Comte (1798-1857). Pada dasarnya positivisme bukanlah suatu aliran yang khas berdiri sendiri. Ia hanya menyempurnakan empirisme dan rasionalisme. Dengan kata lain, ia menyempurnakan metode ilmiah (scientific method) dengan memasukkan perlunya ekspe

MAKALAH TENTANG PUASA

BAB I PENDAHULUAN A.     Latarbelakang Seperti yang kita ketahui agama islam mempunyai lima rukun islam yang salah satunya ialah puasa, yang mana puasa termasuk rukun islam yang keempat. Karena puasa itu termasuk rukun islam jadi, semua umat islam wajib melaksanakannya namun pada kenyataannya banyak umat islam yang tidak melaksanakannya, karena apa? Itu semua karena mereka tidak mengetahui manfaat dan hikmah puasa. Bahkan, umat muslim juga masih banyak yang tidak mengetahui pengertian puasa, dan bagaimana menjalankan puasa dengan baik dan benar. Banyak orang-orang yang melaksanakan puasa hanya sekedar melaksanakan, tanpa mengetahui syarat sahnya puasa dan hal-hal yang membatalkan puasa. Hasilnya, pada saat mereka berpuasa mereka hanyalah mendapatkan rasa lapar saja. Sangatlah rugi bagi kita jika sudah berpuasa tetapi tidak mendapatkan pahala. Oleh karena itu dalam makalah ini saya akan membahas tentang apa itu puasa, tujuan, hikmah puasa dan lain-lain. B.     

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII

Code Gray, Seven Segment, dan ASCII 1. GRAY CODING ·          Gambaran umum Gray Code? Gray code merupakan cerminan dari binary code (kode biner), yang artinya angka terkhir pada string dapat sama dengan angka awal.tetap dalam urutan terbalik,sehingga dapat memungkinkan untuk membangun dan meningkatkan kegunaan dari kode biner standar atau natural. FRANK GRAY ,peneliti Bell labs,dimana nama belakangnya digunakan (Grey Code) ,mengembangkan sistem bilangan biner ini untuk membantu mengontrol electromechanical switch. Saat ini, Grey code digunakan untuk berbagai macam Environment, terutama pada komunikasi digital dimana sinyal analog perlu diubah menjadi media digital. ·          Apa itu Gray Code? Gray code merupakan bentuk biner yang menggunakan metode yang berbeda dari incrementing dari nomor satu ke berikutnya. Dengan gray code, hanya terdapat satu perubahan keadaan dari satu posisi ke posisi lainnya. Fitur ini memungkinkan perancang sistem untuk melakukan beberapa